Sudah Dikarantina di DKI, 30 ABK dari Luar Negeri Pulang ke Yogya Hari Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:07 WIB
Tugu Yogyakarta di hari tanpa bayangan pukul 11.24 WIB, Sabtu (13/10/2018).
Tugu Yogyakarta. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta -

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap untuk menyambut kepulangan anak buah kapal (ABK) yang rencananya tiba di Yogya hari ini. Sekitar 30 ABK yang bekerja di beberapa negara pulang dengan menggunakan bus setelah sebelumnya menjalani isolasi di Jakarta.

"Ini ABK dari berbagai negara. Untuk yang turun di Yogya sekitar 30-an orang," ujar Kepala Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindugnan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Yogyakarta, Suparjo saat dihubungi wartawan, Jumat (8/5/2020).

Para pekerja itu, diketahui bekerja di Amerika, Saudi Arabia, Malaysia dan negara lain. Kepulangan para ABK ini, lanjutnya, sudah melalui protokol kesehatan yang ketat.

"Pekerja ini ada dari Amerika, Saudi (Arab), Malaysia dan ada negara lain. Untuk kepulangannya ke Yogya sudah melalui protokol kesehatan. Mereka telah menjalani karantina 14 hari di Jakarta," ungkapnya.

Bukan hanya karantina, para ABK itu juga telah menjalani rapid test dan swab test untuk memastikan tidak ada yang terpapar Corona. Suparjo pun memastikan jika mereka yang kembali dipastikan sehat.

14 ABK Long Xing Telah Dipulangkan, KBRI Terus Kawal Dugaan Perbudakan:

Selanjutnya
Halaman
1 2