Round-Up

Manuver Purnomo Rival Gibran yang Pilih Mundur dari Pilkada Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 25 Apr 2020 14:28 WIB
Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo
Achmad Purnomo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Kabar mengejutkan datang dari bakal calon Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Rival Gibran Rakabuming Raka di internal PDIP itu menyatakan keinginannya mundur dari Pilkada Solo 2020.

Hal tersebut cukup mengagetkan karena Purnomo sejak awal bersaing ketat dengan putra Presiden Joko Widodo itu. Mereka sama-sama melalui 'drama' yang panjang untuk meraih rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Purnomo beralasan karena gelaran Pilkada serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Dia tak enak hati jika sibuk mengurus politik di tengah pandemi Corona.

"Kayaknya kondisi berkepanjangan, bahkan presiden mengatakan sampai setahun. Saya tak sampai hati karena pandemi belum berakhir," kata Purnomo di Balai Kota, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, jika Pilkada berlangsung 9 Desember, maka kegiatan kampanye akan dimulai beberapa bulan sebelumnya. Padahal diperkirakan pandemi belum berakhir.

"Saya belum tahu jadwalnya, tapi diperkirakan masih dalam situasi COVID-19, saya tidak sampa hati," ujar Purnomo.

Dia mengaku telah menyampaikan secara informal kepada Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dia berencana akan segera mengajukan secara formal.

"Kalau benar 9 Desember, saya akan mengajukan ke DPC minta diperkenankan mundur dari bakal calon. Ini semata-mata alasan hati, tak ada politik," katanya.

Meski proses Pilkada di internal sudah berjalan jauh, Purnomo mengaku tak mempermasalahkan. Dia telah berkomunikasi dengan keluarga dan mendapatkan dukungan.

"Saya renungkan, saya analisis, saya pikirkan sampai berani menyatakan hal ini," katanya.

Keinginan Purnomo itu ternyata juga didukung oleh Ketua DPC PDIP, FX Hadi Rudyatmo. Dia menghormati keputusan Purnomo yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo itu.

Simak juga video Perludem Usul Penyelenggaraan Pilkada Ditunda Hingga Juni 2021:

Selanjutnya
Halaman
1 2