Pandemi Corona

9 Peserta Ijtima Dunia di Gowa Asal Klaten Jalani Tes Swab

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 16:09 WIB
Peserta Ijtima Dunia Gowa asal Klaten dijemput petugas untuk diperiksa swab, Senin (13/4/2020).
Peserta Ijtima Dunia Gowa asal Klaten dijemput petugas untuk diperiksa swab, Senin (13/4/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona atau COVID-19 Kabupaten Klaten mengambil sampel lendir pernapasan atau swab sembilan orang peserta acara Ijtima Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Sampel sembilan orang tersebut diambil di RSUD Bagas Waras, Klaten.

"Dari sembilan peserta Ijtima dilakukan pemeriksaan di RSUD Bagas Waras. Jumlahnya sembilan orang di-swab," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona atau COVID-19 Pemkab Klaten, Cahyono Widodo, Senin (13/4/2020).

Cahyono menjelaskan sembilan orang tersebut merupakan kelanjutan dari pemeriksaan tiga peserta lain yang sudah dites kemarin. Namun tiga orang itu hanya dilakukan rapid test.

"Kemarin tiga sudah dilakukan pemeriksaan rapid test dan semua negatif. Yang sembilan kita arahkan dengan pemeriksaan swab," lanjut Cahyono.

Pengujian swab dilakukan, menurut Cahyono, sebagai antisipasi karena banyak pemberitaan soal peserta Ijtima Dunia di Gowa.

"Karena kalau kita lihat di televisi kejadiannya (rombongan Ijtima) luar biasa. Jadi kita antisipasi saja, bukan karena hal lain," ujarnya.

Menurut Cahyono, kesembilan orang itu diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing sambil menunggu hasil swab keluar.

"Tetap kita telusuri terus. Kalau ini hasilnya baik ya sudah, tapi kalau tidak akan kita telusuri terus," imbuh Cahyono.

Sejauh ini, terang Cahyono, jumlah rombongan peserta Ijtima di Gowa dari Klaten tercatat ada 13 orang. Jumlah itu termasuk satu orang yang meninggal dunia.

Terpisah, Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibowo mengatakan ada sembilan orang yang diperiksa. Secara umum kondisi mereka baik.

"Ada sembilan orang yang diperiksa. Hasil rontgen menunjukkan kesehatannya baik," jelas Limawan.

Mengenal Rapid Test dan Swab Test Virus Corona COVID-19: