Banyak Kampung Ramai-ramai 'Lockdown', Pemda DIY: Kearifan Lokal

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 22:40 WIB
Dusun-dusun di Kabupaten Sleman sudah menerapkan lockdown untuk mencegah virus corona. Mereka menutup akses ke kampung dengan bambu.
Foto: Jauh Hari Wawan S

"Jadi intinya bagaimana kemudian modal sosial, saya kira kearifan lokal, modal sosial DIY yang mempunyai inisiatif untuk melakukan upaya-upaya melindungi warganya dari penularan COVID-19 ini dengan melalukan langkah-langkah filter," kata Biwara.

"Jadi dinamikanya, atau perlakuannya tindakannya memang bervariasi. Jadi ada yang disiapkan tenda penyemprotan di pintu-pintu masuk kampung, ada yg dilakukan pendataan dan memang kebijakan harus seperti itu. Setiap orang masuk didata, dilaporkan, apa yang perlu dilakukan terhadap mereka setelah pendataan itu," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kampung di DIY menyerukan 'lockdown' dengan menutup sebagian besar akses masuk wilyahnya. Misalnya warga Dusun Jogonalan Lor, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul yang menutup sebagian besar akses masuk ke dusunnya. Sebelumnya, ada juga beberapa dusun di Sleman yang juga melakukan hal yang sama.


(sip/sip)