Pengumuman Lur! 2 Masjid Besar di Klaten Besok Tak Gelar Jumatan

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 20:43 WIB
Masjid Raya Klaten di Jalan Pemuda Tengah.
Foto: Masjid Raya Klaten di Jalan Pemuda Tengah. (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Dua masjid besar di Kabupaten Klaten yaitu Masjid Raya dan Masjid Al Aqsa tidak akan mengadakan salat Jumat berjemaah besok. Keputusan itu merujuk dari hasil tausiyah MUI Jawa Tengah.

"Sudah final tidak akan digelar salat Jumat. Sudah dipasang pengumuman," kata Ketua Takmir Masjid Raya Klaten, Anif Solikhin kepada detikcom, Kamis (26/3/2020).

Anif mengatakan karena tidak ada jumatan, jemaah diminta melaksanakan salat zuhur di rumah masing-masing. Dia juga mengimbau salat lima waktu juga dilakukan di rumah.

"Jemaah diimbau untuk salat berjemaah rawatib dengan keluarga di rumah masing-masing. Namun jika ada yang ingin salat tidak dilarang," jelas Anif.

Hal senada juga disampaikan Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsa, Mustari. Mustari mengatakan salat Jumat ditiadakan dengan putusan MUI.

"Ya mengikuti tausiyah MUI pusat, MUI Wilayah dan MUI Kabupaten. Tapi untuk salat rawatib tetap diadakan dengan menerapkan standar protokol pencegahan COVID-19," jelas Mustari.

Hal ini juga sudah menjadi catatan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Klaten, Mujab. Mujab menyebut salat Jumat tanggal 27 Maret 2020 ditiadakan karena mengacu pada MUI Jateng.

"Betul, sesuai keputusan rapat pengurus takmir masjid. Pengumunan ini agar diketahui dan dapat dipahami masyarakat," terang Mujab saat dihubungi detikcom.

(ams/ams)