Corona Itu Datang Seabad Setelah Wabah Pes Luluhlantakkan Jawa

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 14:31 WIB
Heri Priyatmoko
Heri Priyatmoko (Foto: Dok. Pribadi)
Solo -

Virus Corona (Covid-19) mewabah di seluruh dunia. Ternyata dalam sejarah di Jawa, wabah yang menewaskan ribuan orang pernah terjadi. Tepat Seabad lalu.

Wabah pes pernah terjadi di kisaran tahun 1920-an atau seabad lalu. Saat itu penyakit pes yang disebarkan oleh tikus mewabah di Jawa, termasuk kawasan Solo dan sekitarnya.

Dalam catatan sejarah, dr Cipto Mangunkusumo dengan gagah berani terjun sendirian menangani wabah pes di Malang, Jatim. Berhasil menangani wabah tersebut di Malang, Cipto ingin melakukan hal serupa di Solo yang juga terkena pes di waktu yang lebih belakangan. Namun keinginan tersebut Cipto dihadang oleh Belanda.


Sejarawan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Heri Priyatmoko, mengatakan wabah pes di Solo berasal dari tikus-tikus di gerbong kereta di Stasiun Jebres. Saat itu masyarakat banyak yang harus dikarantina akibat penyakit itu.

"Bahkan raja dan pembesar kolonial yang biasanya terlibat konflik politik, mereka bekerja sama menangani masalah itu," kata Heri saat dihubungi detikcom, Senin (16/3/2020).

Tonton juga Kementerian PAN-RB Resmi Keluarkan Edaran ASN Bekerja di Rumah :

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2