Round-Up

Pecah Kongsi Petinggi Partai Matahari, Akar Rumput Ikut Siapa?

tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 08:28 WIB
Logo PAN
Foto: Redaksi
Yogyakarta -

PAN di ambang perpecahan. Loyalis Amien Rais menggagas berdirinya PAN Reformasi dan mengaku sudah mendapat dukungan dari 6 DPW dan 183 DPD. Pengurus dan tokoh di daerah mengambil sikap yang berbeda atas gonjang-ganjing tersebut.

DPD PAN Solo tidak tertarik menanggapi konflik di elit partainya. "Biarin lah. Kita anak buah melihat DPP nanti bagaimana," kata Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari, Kamis (12/3).

"DPP kan juga belum dilantik. Kalau sudah dilantik ya kita harus mengikuti ketua baru apa arahannya," ujarnya.


DPD PAN Klaten lebih santai lagi menanggapi. "Perbedaan pendapat menurut saya dan kami yang di daerah, itu hal yang biasa pascakongres," kata Ketua DPD PAN Klaten, Darmadi, sembari menambahkan bahwa dia tidak yakin Amien Rais memiliki pandangan semacam itu.

Hal berbeda disampaikan oleh DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). PAN DIY tegas menyatakan berada di barisan Amien Rais. Alasannya karena tidak rela sang patron tersebut diperlakukan tidak baik di internal partai yang didirikannya.


Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengatakan bahwa munculnya isu dualisme PAN karena DPP tidak mengakomodir Amien Rais dalam struktur kepengurusan PAN. "Karena DPP yang sekarang tidak mengakomodir Pak Amien Rais dalam struktur di DPP, sehingga ada yang mengusulkan seperti itu," tegasnya kepada detikcom, Kamis (12/3).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3