Round-up

Pilu Belasan Calon Pengantin Tertipu WO Abal-abal di Semarang

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 12:10 WIB
Ilustrasi Penipuan
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Semarang -

Belasan pasang calon pengantin jadi korban Wedding Organizer (WO) abal-abal di Semarang. Polisi mengungkap ada 18 orang yang menjadi korban.

"Korbannya belasan sekitar 15 sampai 18 orang. Mereka membuat grup dan berkoordinasi," ujar Plt Kapolsek Semarang Timur, Iptu Budi Antoro saat dihubungi detikcom, Rabu (27/2/2020).

Budi mengungkap aksi pelaku bernama Mardian Ade Saputra (33) ini berlangsung sejak Agustus 2019. Setelah korban menyetor uang, pelaku langsung menghilang. Sehingga korban melaporkan kasus ini ke polisi.

"Kerugian korban yang di sini (Semarang Timur) Rp 42 juta," kata Budi.

Kasus tersebut dilimpahkan ke Polsek Semarang Timur dan ternyata pelaku belum ditemukan. Hingga akhirnya salah seorang korban melihat pelaku sedang bersama keluarganya di sekitar Jalan Thamrin Semarang pada pertengahan Februari 2020.

"Seorang korban lihat pelaku kemudian menghubungi yang lain. Korban kemudian berkoordinasi dengan kami dan dilakukan penangkapan," lanjutnya.

Saat ini pelaku yang merupakan warga Genuk, Semarang itu dijerat pelanggaran Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Budi mengimbau jika masih ada yang merasa menjadi korban agar bisa melapor.

Simak Juga Video "Bos WO di Cianjur Tak Ditahan Polisi karena Hamil 8 Bulan"

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)