Hampir 24 Jam, Tower PLN yang Roboh di Rembang Belum Terevakuasi

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 22:52 WIB
Tower SUTT PLN yang roboh dan menimpa rumah di Rembang, Rabu (26/2/2020).
Tower SUTT PLN yang roboh dan menimpa rumah di Rembang, Rabu (26/2/2020). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) milik PLN yang berada di Desa Kabongan Kidul, Kecamatan kota Rembang, Kabupaten Rembang roboh pada Selasa (25/2) pukul 23.26 WIB. Hingga malam ini pukul 21.30 WIB, konstruksi tower yang roboh itu belum terevakuasi.

Pantauan detikcom di lokasi, kondisi tower masih menimpa rumah milik Lilik Julianto. Tampak puluhan petugas berupaya mengevakuasi tower untuk kemudian diganti konstruksi yang baru.

Tampak pula warga setempat yang memadati lokasi robohnya tower untuk sekadar menonton proses pekerjaan para petugas PLN itu.

Seorang warga setempat, Yadi, berharap agar proses pengerjaan perbaikan tower segera selesai. Meski mengakui aktivitasnya terganggu karena listrik padam akibat peristiwa robohnya tower tersebut, ia maklum karena dinilainya sebagai sebuah musibah.

"Ya jelas terganggu aktivitas kami. Tapi mau bagaimana lagi karena ini seperti musibah ya sehingga tetap kami maklum atas kondisi ini," jelasnya, Rabu (26/2/2020).

Diwawancara terpisah, Manajer ULP PLN Rembang, Arif Setiawan menyebut pihak PLN menargetkan operasional distribusi listrik di wilayah Kabupaten Rembang dan sekitarnya akan kembali normal pada Kamis (27/2) malam.

"Targetnya mungkin Kamis malam baru bisa normal secara total. Kami upayakan bisa normal lagi. Kamis pagi kami mulai pasang tower baru, sehingga setidaknya Kamis malam baru bisa proses distribusi normal," jelas Arif ditemui detikcom.

Diberitakan sebelumnya, tower SUTT PLN di Desa Kabongan Kidul, Kecamatan Kota Rembang, Rembang, roboh pada Selasa (25/2) pada pukul 23.26 WIB. Tower menimpa rumah Lilik Julianto hingga rusak parah dan menyebabkan dua orang terluka.

Listrik di Kabupaten Rembang, Pati, dan Blora juga mengalami padam total. Hingga akhirnya siang ini PLN menyatakan listrik di Kabupaten Pati telah normal kembali, sedangkan listrik di Rembang dan Blora diperkirakan baru akan normal besok malam. (rih/mbr)