Saingi Koalisi PDIP-PKB di Pilkada Bantul, 5 Parpol Rancang Poros Baru

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 16:45 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi pilkada (Foto: Zaki Alfarabi)
Bantul -

Lima parpol di Bantul berencana untuk berkoalisi dan membuat poros baru untuk menyaingi koalisi PDIP dan PKB. Poros baru ini diinisiasi DPD PAN Kabupaten Bantul dan rencananya akan menyasar kaum milenial untuk memenangkan Pilkada.

"Insyaallah poros tengah itu akan terjadi di Bantul, karena saya sudah mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk maju sebagai calon Bupati. Lalu saya diminta untuk mencari pasangan (Wakil Bupati Bantul)," kata Ketua DPD PAN Kabupaten Bantul, Mahmud Ardi Widanto saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (20/2/2020).

Ardi mengatakan poros tengah itu dibentuk karena dia mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk maju sebagai calon bupati di Bantul. Dia pun berencana untuk menggandeng parpol lain yang belum berkoalisi dengan PDIP dan PKB.

"Selain itu, ada desakan dari teman-teman parpol yang belum punya sikap untuk mendorong munculnya poros tengah di Bantul," terang Ardi.

Lima parpol yang bergabung untuk membuat poros tengah yakni PAN, PKS, PPP, Demokrat dan PBB. Ardi mengatakan koalisi lima parpol ini memenuhi syarat untuk mengusung calon di Pilkada Serentak dengan rincian PAN memiliki 5 kursi, PKS 4 kursi, PPP 2 kursi, Demokrat 2 kursi dan PBB 1 kursi.

"Nanti sore kami akan melakukan pertemuan, karena sebelumnya kita sudah samakan visi dan misi untuk Bantul yang lebih baik," terangnya.

Saingi Koalisi PDIP-PKB di Pilkada Bantul, 5 Parpol Rancang Poros BaruFoto: Surat rekomendasi DPP PAN terkait penunjukkan calon Bupati Bantul (dok. DPD PAN Bantul)

Ardi mengaku belum mendapatkan pasangan wakil yang bakal mendampinginya maju Pilkada Bantul. Rencananya sosok calon wakil bupati ini masih bakal digodok dalam pertemuan koalisi poros tengah.

"Kemungkinan saya calon alternatif yang maju sebagai calon Bupati dari poros tengah. Kalau wakilnya masih dalam pembahasan koalisi poros tengah, karena kita sudah sepakat kalau calon bupati dari PAN dan wakilnya dari poros tengah," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2