Niatnya Bikin Unik, Desain CV yang Begini Ternyata Malah Tak Dilirik

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 16:10 WIB
Cape Town, South Africa
Ilustrasi Curriculum Vitae (CV). Foto: Thinkstock
Yogyakarta -

Untuk menampilkan curriculum vitae (CV) yang menonjol dan tidak biasa, pelamar kerja biasanya mendesainnya dengan cara yang kreatif. Bahkan, ada ide yang tidak biasa dan unik, seperti desain menyerupai banner calon legislatif yang viral beberapa waktu lalu. Namun, apakah desain tersebut efektif?

"Pelamar harus tahu dia melamar di tipe perusahaan dan di lowongan apa. Kalau melamar di perusahaan kreatif dan di posisi desainer grafis, tidak masalah. Namun, hal ini tidak berlaku jika dia melamar di BUMN atau CPNS," ujar Kepala Divisi Manajemen Bakat Upgrad.id, Ria Aprilia Ariestiani saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Rabu (19/2/2020).

Ria menjelaskan, desain infografis berupa grafik perjalanan hidup diperlukan. Sebab, menurutnya, sudah ada empat pembagian informasi penting dalam CV. Artinya, perjalanan hidup yang dialami, dibagi ke dalam empat bentuk.

"Dari desain nyeleneh tersebut, HR nanti malah meragukan keseriusannya. Yang jelas, yang perlu dihindari adalah pemilihan perusahaan yang tidak pas untuk desain seperti itu," tegas Ria.

Lalu, desain CV kreatif seperti apa yang tidak disarankan?

Ria menjelaskan, desain infografis tentang perjalanan hidup diperlukan. Menurutnya, sudah ada empat pembagian informasi penting dalam CV.

Selanjutnya
Halaman
1 2