Round-Up

Catatan Hitam Santang Si Preman Sadis Yogya yang Serahkan Diri ke Polisi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 00:23 WIB
Salah seorang preman sadis di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bernama Santang menyerahkan diri ke Polda DIY. Begini tampangnya.
Preman Sadis di Yogya, Santang menyerahkan diri ke polisi (kiri) - Foto: Jauh Hari Wawan)

Santang juga tercatat melakukan penganiayaan di daerah Minggir, Sleman, Senin (27/1) lalu. Pada kasus penganiayaan ini, Santang juga tega menyekap korbannya.

"Kami analisa TKP yang di Minggir. Kami buru empat tersangka itu, lalu muncul TKP lagi di Nanggulan yakni penganiayaan. Saat kami telusuri salah satu pelakunya Santang ini," kata Direktur Reskrimum Polda DIY Kombes Burkan Rudi Satria di Mapolda DIY.

Dari penyelidikan polisi, Santang beroperasi bersama temannya Andri Nurhidayat (26), dan dua lainnya yang kini jadi buronan polisi. Andri ditangkap di daerah Nanggulan, Kulon Progo, sementara Santang menyerahkan diri Kamis (13/2) kemarin.

"Santang menyerahkan diri kemarin (13/2). Dari informasi, Santang ini cukup meresahkan di daerah Minggir karena suka memalak warung saat dalam kondisi mabuk," ujar Burkan.

Penampakan Santang preman sadis Yogya yang menyerahkan diri (kiri)Penampakan Santang preman sadis Yogya yang menyerahkan diri (kiri) Foto: Jauh Hari/detikcom

Dari tangan keduanya, polisi menyita satu senapan angin laras panjang, satu ponsel, satu pakaian, dan sepasang sepatu. Kini keduanya sudah ditahan di Mapolda DIY.

"Keduanya kami jerat dengan pasal 333 KUHP dan atau pasal 351 ayat (2) KUHP dan atau pasal 170 KUHP dan terancam kurungan hingga delapan tahun," imbuh Yuliyanto.

Halaman

(ams/rih)