Kafe Milenial

Dear Mahasiswa, Ini Dia Tips Bikin Proposal KKN dari Pakarnya

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 07:24 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
(Foto: iStock)
Yogyakarta -

Bagi mahasiswa yang sudah menempuh sejumlah SKS tertentu, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kewajiban selanjutnya. Salah satu persiapan sebelum terjun ke lokasi adalah mempersiapkan proposal program kerja (proker) KKN.

"Agar mahasiswa tidak kebingungan saat terjun ke lokasi, mahasiswa diharuskan membuat proposal," ujar Kepala Pusat (Kapus) KKN Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Hendri Gusaptono saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Proposal berfungsi sebagai gambaran kegiatan yang akan dilakukan selama KKN. Dalam proposal ini, lanjut Hendri, mahasiswa diharapkan menuangkan program kerja (proker) di laporan sesuai keperluan warga. Sebab, KKN pada dasarnya memang bertujuan untuk mengabdi pada masyarakat.

Hendri berpendapat, kunci sebuah proposal KKN ada pada survei lokasi. Menurutnya, ini berpengaruh terhadap gambaran yang akan dituangkan ke dalam proker.

"Selama survei sebelum KKN, harus benar-benar cermat dan teliti. Selalu dengarkan kebutuhan warga setempat dan koordinasikan dengan aparatur desa," ujar Hendri.

Tonton juga video Genius! Bocah 10 Tahun Ini Sudah Jadi Mahasiswa:

Selanjutnya
Halaman
1 2