Sebar Hoaks Klitih di WAG, Driver Ojol Yogya Ditangkap!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 20:44 WIB
ilustrasi hoax
Foto: ilustrasi/thinkstock
Sleman -

Seorang driver ojek online (ojol), UK (45) ditangkap polisi karena menyebar berita hoaks. UK menyebarkan hoaks terkait klitih yang disebut di Jalan Godean pada grup WhatsApp (WAG) rekan sesama ojol.

Hoaks yang disebar UK berupa video berdurasi 30 detik yang menunjukkan seorang driver ojek online luka parah. Setelah ditelusuri ternyata video yang dia edarkan itu merupakan video korban kecelakaan di Muntilan, Jawa Tengah pada Minggu (2/2).

"Kita cek ke jajaran (Polsek) Godean tidak tahu, karena itu subdit siber Ditrekrimsus langsung lakukan lidik dari WA yang beredar dan alhamdulilah bisa teridentifikasi," kata Dirkrimsus Polda DIY Kombes Toni Surya Putra saat jumpa pers di Polda DIY, Kecamatan Depok, Sleman, Selasa (4/2/2020).

Setelah mengidentifikasi identitas penyebar berita hoaks tersebut, polisi langsung mengamankan UK. Hoaks ini bikin resah karena menyinggung soal klitih yang juga sedang jadi atensi warga DIY.

"Dan kemarin (3/2) langsung kita amankan di tempat tinggalnya. Untuk profesinya, dia ini driver online," kata Toni.

Selain meringkus UK, polisi juga menyita barang bukti berupa tangkapan layar penyebaran video berita bohong korban klitih di Jalan Godean, di WAG 'SOR RINGEN BANDARA'. Penyebar video itu terpantau dengan profile WA +62 877-2232-3346.

Selanjutnya
Halaman
1 2