Round-Up

Kisah Rambut Gimbal Sukiyah yang Jadi Sarang Tikus dan Bakal Dikubur

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 18:54 WIB
Sukiyah, seorang perempuan di Kabupaten Semarang tidak mandi selama 27 tahun. Kondisinya memprihatinkan karena rambutnya menjadi gimbal hingga menjadi sarang tikus.
Potret Sukiyah usai rambut gimbal sepanjang 1,5 meter miliknya dipotong (Foto: ACT)
Semarang -

Sukiyah (50) yang disebut-sebut sudah 27 tahun tidak mandi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, memiliki rambut gimbal sepanjang 1,5 meter. Rambut yang tidak pernah dipotong itu bahkan dihuni tikus, kecoak dan ditemukan bangkai.

Cerita soal Sukiyah pun didengar relawan Ardian Kurniawan Santoso. Ardian lalu datang menolong perempuan yang tinggal di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (22/1) lalu.

"Kaget juga. Rambutnya gimbal sekitar 1,5 meter. Di rambutnya itu ada beberapa tikus, kecoa, ada juga tulang tikus, bangkai. Di lantai rumahnya itu banyak kotoran manusia," kata Ardian, Senin (27/1/2020).

Ardian mendengar beraneka ragam informasi mulai dari kondisi Sukiyah yang menyeramkan hingga tidak mau ditolong warga. Sukiyah juga mengalami kebutaan sejak 5 tahun dan mengalami kelumpuhan, kemudian Sukiyah hidup sebatang kara usai ibunya meninggal 3 tahun lalu.

Dengan telaten, Ardian mendekat dan ternyata Sukiyah memberi respons. Padahal selama ini warga kesulitan saat menolong karena ia selalu berontak, Ardian pun merayu Sukiyah agar mau ditolong.

"Sama saya dia mau cerita, saya kira juga bakal ngamuk. Tangan saya digenggam erat. Dia minta dibelikan susu. Mau dipotong rambutnya, tapi minta sampo hitam," ujarnya.

Kisah Rambut Gimbal Sukiyah yang Jadi Sarang Tikus dan Bakal DikuburRambut gimbal sepanjang 1,5 meter milik Sukiyah sebelum dipotong (Foto: ACT)

Keesokan harinya, Ardian datang dan memotong rambut Sukiyah yang tebal. Butuh waktu 20 menit, namun Ardian dengan telaten memotongnya sembari bercanda dengan Sukiyah.

"Potong rambut sekitar 20 menit, kemudian dibawa ke tempat yang layak punya swasta. Dia sama orang lain tidak mau, kemudian saya kenalkan satu teman saya, akhirnya mau," katanya.

Tonton juga Penampilan Baru Sukiyah yang Rambutnya Dihuni Tikus dan Kecoa :

Selanjutnya
Halaman
1 2