Kabar Terbaru Sukiyah yang 27 Tahun Tak Mandi Kini Bisa Jalan Lagi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 15:27 WIB
Sukiyah di Rumah Pemulihan, Kabupaten Semarang, Selasa (28/1/2020).
Sukiyah yang 27 tak mandi saat berada di rumah pemulihan Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Kondisi Sukiyah (50) wanita berambut gimbal yang disebut 27 tahun tak mandi makin membaik. Sukiyah kini sudah bisa berjalan lagi setelah 16 tahun kakinya tidak digunakan berjalan.

Perempuan yang mengalami kebutaan sejak usia 5 tahun itu kini berada di Rumah Pemulihan Efata, Getasan, Kabupaten Semarang. Relawan yang menolong Sukiyah, Ardian Kurniawan Santoso menyebut Sukiyah sudah bisa berjalan lagi.

"Mulai bisa jalan lagi," kata Ardian saat dihubungi detikcom, Minggu (2/2/2020).

Diberitakan sebelumnya, Sukiyah hidup sebatang kara di rumahnya di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kondisinya memprihatinkan karena bertahun-tahun tak mandi dan rambutnya gimbal sepanjang 1,5 meter.

Ardian yang mengetahui hal itu datang menolong. Kondisi Sukiyah saat didatangi Ardian tampak mengenaskan karena rumah berlantai tanah itu terdapat kotoran manusia berserakan. Tak hanya itu, rambut gimbal Sukiyah juga dihuni tikus maupun kecoak, bahkan ada juga bangkai.

Dengan telaten Ardian mengajak bicara Sukiyah dan membujuknya agar rambutnya boleh dipotong.Sukiyah luluh, dia mau rambutnya dipotong, dan dimandikan serta dievakuasi ke rumah pemulihan.

Saat ini rambut gimbal Sukiyah masih dibawa oleh Ardian di dalam mobilnya. Rencananya dia akan mengubur rambut itu tapi belum tahu kepastian waktunya.

"Masih dibawa," jawab Ardian.

Penampilan Baru Sukiyah yang Rambutnya Dihuni Tikus dan Kecoa:

[Gambas:Video 20detik]

(alg/ams)