Sunda Empire Pastikan Tak Punya Hubungan dengan Keraton Agung Sejagat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:14 WIB
Foto: Petinggi Sunda Empire Raden Rangga (dok. pribadi)
Yogyakarta - Petinggi Sunda Empire Raden Rangga atau HRH Rangga atau Raden Ranggasasana memastikan Sunda Empire tak ada kaitannya dengan Keraton Agung Sejagat. Raden Rangga menilai keraton itu ngawur.

"(Keraton Agung Sejagat) Tidak ada hubungannya sama sekali (dengan Sunda Empire)," kata Rangga saat berbincang dengan detikcom via telepon, Selasa (21/1/2020).


Dengan nada yang meninggi, Rangga menegaskan klaim yang disampaikan Toto soal Keraton Agung Sejagat tidak berdasar. Dia lalu menyinggung soal aturan di Sunda Empire tentang sistem yang tak mengizinkan seseorang membangun kerajaan.

"Semua yang disebut keraton sejagat itu kan ngawur itu. Tidak dibenarkan setelah Perang Dunia ke-2, dari sistem empire, dalam hal ini Sunda Empire, itu tidak boleh orang membangun kerajaan," tegasnya.


Sebelumnya diberitakan, foto Toto dengan seragam mirip Sunda Empire diposting akun Instagram @hrhtoto tanpa keterangan. Dari postingan itu diketahui foto diunggah pada 9 Maret 2017. Foto itu memperlihatkan Toto memakai setelan jas hitam berdasi dengan pin warna emas di dada kirinya. Ada sejumlah bintang yang disematkan di bagian kerah kanan dan kiri.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna ketika ditanya soal foto itu menjelaskan jika foto itu diambil bukan di wilayah Jateng. Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Budi Haryanto mengatakan sampai saat ini belum ada keterkaitan antara keraton buatan Toto dengan Sunda Empire.

"Tidak, tidak ada hubungannya itu," kata Budi, Sabtu (18/1).



'Raja' Toto Santoso: Keraton Agung Sejagat Fiktif:

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)