Round-Up

Gali Tanah untuk Septic Tank, Warga Temukan Bangunan Candi di Dieng

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 09:19 WIB
Penampakan bangunan yang diduga candi di Dieng. (Foto: dok. Istimewa)
Banjarnegara - Temuan demi temuan benda sejarah di dataran tinggi Dieng, Banjarenegara, terus terjadi. Kali ini warga Dieng dikagetkan oleh penemuan struktur bangunan yang diduga candi saat akan menggali tanah untuk septic tank.

Temuan tak sengaja ini terjadi saat salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, tengah menggali tanah untuk membuat septic tank. Pada kedalaman sekitar 1 meter, warga menemukan susunan batu yang rapi dan rapat seperti bagian bawah sebuah candi.


Lokasinya masih dekat dengan kompleks Candi Arjuna atau berada di sebelah barat lokasi penemuan arca Ganesha pada pengujung 2019. Sebelumnya, arca terbesar ini ditemukan warga di kebun kentang Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

"Susunan batu yang diduga candi ini ditemukan sekitar 50 meter dari museum Kailasa atau berjarak sekitar 700 meter dari lokasi penemuan arca Ganesha. Atas temuan ini, saya sudah melaporkan ke kantor BPCB Jawa Tengah dan menunggu instruksi selanjutnya," kata Juru Pelihara Unit Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Tusar.


Jika melihat struktur bangunan dan adanya cerat yoni, temuan ini mengarah pada bangunan candi. Kepala UPT Pengelolaan Objek Wisata Dieng, Banjarnegara, Aryadi Darwanto mengatakan susunan batu hingga 9 lapis dan ditemukan cerat yoni.

"Biasanya, kalau susunan batu sampai 9 lapis, itu candi. Tetapi kalau darmasala itu 3-4 lapis," terangnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3