Round -Up

Yang Masih Misteri Soal Makam di Kontrakan 'Raja' Agung Sejagat

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 08:24 WIB
Pemindahan makam janin Ratu Keraton Agung Sejagat Fanni Aminadia (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman - Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso (42) diketahui tinggal di rumah kontrakan di Jalan Berjo-Pare, RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ternyata, ada sebuah makam dan ritual aneh di areal kontrakan tersebut.

Saat didatangi ke lokasi, makam itu berada di sisi selatan rumah kontrakan Toto. Makam itu berada di sepetak tanah kosong di depan bangunan yang disebut Pagelaran Pisowanan yang biasa digunakan untuk menggelar pertemuan.

Sepintas, makam itu terlihat seperti gundukan tanah berukuran sekitar 50 sentimeter. Makam itu juga dikelilingi dengan batu warna putih yang menjadi penanda. Makam itu berada persis di depan pagar putih dengan tinggi sekitar 50 sentimeter. Ada tiang-tiang yang dikelilingi dengan kain batik di depan makam tersebut.


Di rumah kontrakan itu Toto tinggal bersama si Ratu Fanni Aminadia. Rumah kontrakan itu juga dia gunakan sebagai tempat berjualan angkringan.

Pj Kepala Desa Sidoluhur, Sudarmanto mengatakan makan itu baru diketahui setelah proses penggeledahan yang dilakukan polisi pada Rabu (15/1). Warga curiga setelah melihat ada gundukan tanah.

"Warga tanya kepada Bu Mursinah (penanggung jawab rumah kontrakan) ini gundukan apa, dijawablah ini makam dari janin Fanni," ujar Sudarmanto saat ditemui di lokasi kontrakan 'Raja' Toto, Jumat (17/1/2020).

Yang Masih Misteri Soal Makam di Kontrakan 'Raja' Agung SejagatGundukan makam di areal kontrakan Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso di Godean, Sleman (Foto: Jauh Hari Wawan S)

Dari keterangan Mursinah, janin yang dikubur itu berusia sekitar tiga bulan. 'Ratu' Fanni kabarnya mengalami miskram (keguguran). "Usianya janin itu sekitar tiga bulan, kabarnya miskram," terangnya.

Keberadaan makam ini diperkirakan sekitar satu bulan yang lalu. Salah satu tetangga Toto, Kartijo (47) menuturkan ada ritual-ritual aneh di makam tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2