Jejak 'Raja' Keraton Agung Sejagat di Yogya, Magelang, hingga Dieng

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 14:26 WIB
Jumpa pers Polda Jateng tentang Keraton Agung Sejagat. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jumpa pers Polda Jateng tentang Keraton Agung Sejagat. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Yogyakarta - 'Raja' Keraton Agung Sejagat seolah punya jejak di berbagai daerah mulai dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga dataran tinggi Dieng. Pria bernama Toto Santoso itu terlacak tinggal di sebuah kontrakan di Kabupaten Sleman hingga dikukuhkan jadi raja di Tuk Bimakular, Dieng.

Toto diketahui tinggal di sebuah rumah kontrakan yang beralamat di Jalan Berjo-Pare, RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Tak hanya bertempat tinggal, Toto juga menjalankan bisnis angkringan di rumah itu.

Tetangga Toto, Deki Rinawan (31) menceritakan usaha angkringan itu sudah dijalani Toto selama hampir setahun belakangan ini.

Usaha angkringan itu dijalankan Toto dengan memanfaatkan beberapa gazebo yang berdiri di samping rumah kontrakannya. Menurut Deki, biasanya ada beberapa orang yang berjaga di angkringan dan rumah tersebut.


Angkringan itu akhirnya dibongkar dan papannya dilepas oleh polisi pada Selasa (14/1) malam. Rumah itu juga telah digeledah polisi dari Polres Purworejo dan Polda Jateng. Deki mengaku menyaksikan proses penggeledahan itu. Menurutnya, ada sejumlah barang dalam boks yang disita polisi.

Saat memerankan sebagai raja, Toto melaksanakan sejumlah ritual di beberapa daerah. Ritual pertama yakni ritual terkait pengukuhannya sebagai 'raja' Keraton Agung Sejagat.

Selanjutnya
Halaman
1 2