Round-Up

Sambil Jualan Angkringan, 'Raja' Toto Kendalikan Keraton Agung Sejagat

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 08:51 WIB
Kontrakan Toto yang dijadikan usaha angkringan. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Kontrakan Toto yang dijadikan usaha angkringan. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Toto Santoso membuat geger warga Purworejo dan sekitarnya karena mengaku sebagai 'Raja' Keraton Agung Sejagat. Rupanya Toto bukan warga Purworejo, sudah 2-3 tahun ini ia tinggal di Sleman dan memiliki usaha angkringan di rumah kontrakannya.

Rumah kontrakan Toto berada di Jalan Berjo-Pare, RT 05, RW 04, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bisanya saben hari ada pengikut Toto yang berjaga di angkringan yang dilengkapi dengan beberapa gazebo itu.

"Iya (rumah kontrakan Toto) untuk angkringan. Mulainya sudah hampir satu tahunan ini," jelas tetangga Toto, Deki Rinawan (31) di lokasi, Rabu (15/1/2020). Rumah Deki bersebelahan, persis di selatan rumah kontrakan Toto Santoso.


detikcom mendatangi rumah kontrakan Toto, Rabu (15/1) siang. Namun gerobak angkringan dan papan namanya telah tiada. Menurut Deki, angkringan tersebut telah dibongkar aparat kepolisian saat menggeledah rumah kontrakan Toto, Rabu dini hari.

"Angkringannya dibongkar baru tadi malam (Rabu dini hari), dilepas papan tulisnya (oleh polisi)," ungkap Deki.


Rumah kontrakan Toto memang digeledah tim gabungan dari Polda Jateng, Polres Purworejo, dan diback up Polda DIY, Rabu dini hari. Deki menyaksikan penggeledahan itu dan melihat ada beberapa barang yang dimasukkan ke dalam box diamankan polisi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3