Geger Keraton Agung Sejagat

'Raja' Toto Ditangkap, Eks Pengikut: Keplok-Keplok Saya!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 18:35 WIB
Foto: Eks pengikut Raja Kerajaan Agung Sejagat Toto Santoso saat ditemui di kediamannya (Pradito/detikcom)
Foto: Eks pengikut 'Raja' Kerajaan Agung Sejagat Toto Santoso saat ditemui di kediamannya (Pradito/detikcom)
Gunungkidul - 'Raja' Keraton Agung Sejagat Toto Santoso (42) diketahui pernah beroperasi di Yogyakarta dengan mengaku Dewan Wali Amanat Panitia Pembangunan Dunia Wilayah Nusantara dalam organisasi Jogja Development Committee (DEC) pada tahun 2016. Rupanya, ada warga Gunungkidul yang menjadi korban janji manis itu.

Warga Dusun Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Hadi Suroso (74) pernah menjadi koordinator lembaga bentukan Toto yakni, Gunungkidul Development Committee (DEC). Dia didapuk menjadi koordinator dan mendapat mandat mencari anggota di Gunungkidul.


Roso dijanjikan mendapat tunjangan 500 dolar setiap bulannya, namun tidak dijelaskan uang dolar dalam mata uang mana. Uang itu diklaim merupakan dana dari luar negeri untuk kesejahteraan anggota.

"Ngoyoworo (hanya obral janji) itu (Toto) mas," ucap Suroso saat berbincang di kediamannya Dusun Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (15/1/2020).

Padahal selama menjadi koordinator, Roso mengaku menanggung biaya operasional dan pengeluaran Gunungkidul DEC. Dia bahkan sampai menjual lahan pertaniannya karena duit yang dijanjikan tak kunjung terealisasi.

"Lha iya ini orangnya, Toto, dia dulu sering ke sini, makan minum di sini, rapat di sini mas. Tapi orang itu sekarang hilang, saya kalau lihat dia lagi sudah gimana gitu," ujar Roso dengan raut muka jengkel saat ditunjukkan foto Toto.


Roso mengaku mengenal Toto dari sekretaris DEC bernama Retno pada tahun 2016. Dia dimintai tolong menjadi tokoh yang dituakan.

"Jadi saya hanya dimintai tolong untuk jadi yang dituakan di Gunungkidul (Gunungkidul DEC) sama bu Retno. Saya tanya untuk apa, dia jawab karena saya salah satu tokoh karena pernah jadi Komandan Koramil Wonosari dan kenal banyak orang," kenangnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2