Apa Isi 'Prasasti Bumi Mataram' yang Disakralkan di Keraton Agung Sejagat?

Sayoto Ashwan - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 16:05 WIB
Penampakan batu Prasasti Bumi Mataram di dalam Keraton Agung Sejagat Purworejo, Rabu (15/1/2020). (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Penampakan batu 'Prasasti Bumi Mataram' di dalam Keraton Agung Sejagat Purworejo, Rabu (15/1/2020). (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Purworejo - 'Istana' Keraton Agung Sejagat menjadi saksi bisu sepak terjang 'Raja' Toto Santoso (42) dan dan 'Ratu' Fanni Aminadia (41). Kini, 'istana' itu dipasangi garis polisi setelah si raja dan si ratu ditangkap polisi.

Pantauan detikcom, di dalam 'istana' yang berada di Dusun Pogung, Desa Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terdapat sebuah batu besar.

Menurut warga setempat, Amat Riyanto, batu itu disebut oleh anggota Keraton Agung Sejagat sebagai prasasti. Batu berjenis andesit itu dikatakan berasal dari Kecamatan Bruno, Purworejo. Saat didatangkan, batu diangkut menggunakan truk pada dini hari.

"Katanya dari Bruno batu untuk prasasti itu," kata Amat yang rumahnya di depan lokasi Keraton Agung Sejagat, Rabu (15/1/2020).


Apa Isi 'Prasasti Bumi Mataram' yang Disakralkan di Keraton Agung Sejagat?Batu 'Prasasti Bumi Mataram' di Keraton Agung Sejagat Purworejo, Rabu (15/1/2020). (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)

Amat menceritakan, anggota keraton kemudian memahat batu untuk dijadikan sebagai prasasti kerajaan. Batu itu saat ini diletakkan di bagian belakang 'istana' sisi kiri. Batu panjangnya sekitar 2 meter dan tinggi 1,5 meter.

"Dulu batunya tidak seperti itu, kayak batu kali, tapi kemudian dipahat," jelasnya.


Proses pembuatan prasasti, lanjutnya, meresahkan warga karena pemahatan dilakukan sampai larut malam oleh anggota keraton secara tertutup.

Setelah jadi, batu itu kemudian dinamai 'Prasasti Ibu Bumi Mataram II' yang diklaim menandai berdirinya Kerajaan Mataram di Bumi Pogung. Terdapat jejak sepasang telapak kaki, logo Keraton Agung Sejagat dan tulisan berbahasa Jawa.
Selanjutnya
Halaman
1 2