Ritual Pengukuhan 'Raja' Keraton Agung Sejagat di Dieng Jadi Tontonan

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 14:49 WIB
Toto Santoso (Foto: dok. Istimewa)
Toto Santoso (Foto: dok. Istimewa)
Banjarnegara - Pengukuhan Toto Santoso sebagai 'Raja' Keraton Agung Sejagat dilakukan di Dataran Tinggi Dieng. Pengukuhan yang diikuti lebih dari 100 orang ini menjadi tontonan warga Dieng.

Toto beserta pengikut Keraton Agung Sejagat mengawali ritual dengan membersihkan diri di Tuk Bimalukar, yang berada di Dataran Tinggi Dieng, pada Juli 2019. Dari mata air tersebut, mereka kemudian berjalan menuju kompleks Candi Arjuna, yang berjarak sekitar 2 kilometer.

"Saat jalan juga diiringi dengan drumband mulai Tuk Bimalukar sampai ke kompleks Candi Arjuna," kata Kepala UPT Pengelolaan Objek Wisata Dieng Aryadi Darwanto saat dihubungi detikcom, Kamis (15/1/2020).


Aryadi mengatakan Toto beserta pengikutnya mengenakan pakaian kebesaran dengan corak warna-warni. Ada tambahan kain di bagian belakang.

Di kompleks Candi Arjuna, mereka melakukan doa bersama. Bahkan ritual ini juga ditonton warga Dieng. Namun warga menontonnya tidak sampai selesai karena suhu Dieng saat itu semakin dingin pada malam hari.

"Mulai ritualnya jam 7 malam sampai jam 2 pagi. Warga sempat pada melihat, tapi karena dingin kemudian pada pulang. Karena saat itu muncul embun es," jelasnya.


Pada kesempatan tersebut, Toto Santoso juga memberikan baju kebesarannya kepada tokoh adat Dieng, Sumanto.



Kapolda Beberkan Modus di Balik Deklarasi Keraton Agung Sejagat:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)