Waspadai Potensi Bencana di DIY, Kapolda: Kami Siap Bantu Penanganan

Sayoto Ashwan - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 22:15 WIB
Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar di Mapolres Kulon Progo, Jumat (10/1/2020). (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo - Seluruh personel jajaran Polda DIY siap turun tangan membantu penanganan bencana yang berpotensi terjadi di wilayah DIY. Menyusul prediksi dari BMKG terkait potensi cuaca ekstrem di wilayah DIY.

"Kami pastikan seluruh jajaran kepolisian di bawah Polda DIY siap," kata Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar, di sela kunjungan di Mapolres Kulon Progo, Jumat (10/1/2020).

Menyikapi potensi bencana yang ada, lanjutnya, seluruh Polres/Polresta di DIY sudah menggelar apel kesiapan. Termasuk dilaksanakan di Mapolda DIY. Personel, kendaraan, dan peralatan yang diperlukan siap diterjunkan di lapangan.

"Tidak hanya personel, (juga) peralatan dan cara bertindak sudah kami koordinasikan," terangnya.


Menurut Asep, salah satu unsur utama yang harus disiapkan di lapangan adalah ketersediaan peralatan. Berkaca dari pengalaman penanganan bencana di beberapa daerah, personel yang turun jumlahnya mencukupi. Namun hal itu tidak diimbangi dengan jumlah peralatan yang memadai.

Polisi telah berkoordinasi dengan unsur lain yang ada di masyarakat. Seperti TNI, BPBD, Tagana maupun relawan, serta forkopimda yang ada di lima kabupaten/kota.

"Sesuai potensi yang ada, DIY ini rawan dengan longsor, banjir dan angin kencang. Itu yang kami persiapkan," ujar Asep.


Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan, sudah dua kali melakukan koordinasi dengan forkopimda. Meskipun tidak ada bencana, mereka terus memantau perkembangan cuaca sesuai imbauan BMKG.

(rih/rih)