Jalur Utama Menuju Wisata Dieng Putus Total Tertutup Tanah Longsor

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 08:51 WIB
Longsor jalur wisata Dieng di Slatri dan Sikelir. (Foto: Istimewa)
Banjarnegara - Jalur wisata menuju dataran tinggi Dieng longsor. Material tanah longsor menutup jalan hingga membuat akses jalan tutup total.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Arief Rahman, mengatakan tanah longsor terjadi di sejumlah titik di jalur menuju Dieng. Yakni di Sikelir, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, dan di Desa Slatri Kecamatan Karangkobar.

"Longsornya tadi malam. Untuk yang di Sikelir ada lima titik longsor. Jadi itu tebing yang ada di tepi jalan longsor. Sedangkan satu titik lainnya itu di Desa Slatri," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (9/1/2020).


Arief menyebutkan, baik di titik Slatri maupun Sikelir hingga saat ini kendaraan roda dua dan roda empat belum dapat melintas. Sebab, material tanah masih menutup jalan.

"Hari ini kami akan membersihkan material tanah longsor tersebut. target siang atau sore sudah bisa dilalui kendaraan baik roda empat atau roda dua," kata dia.
Jalur Utama Menuju Wisata Dieng Putus Total Tertutup Tanah LongsorLongsor jalur wisata Dieng di Slatri dan Sikelir. (Foto: Istimewa)


Sementara ini, bagi wisatawan yang akan menuju Dieng, memilih jalur Kecamatan Madukara - Pagentan - Pejawaran hingga Batur. Sebab, untuk jalur Karangkobar - Pejawaran tertutup di Slatri.

"Sekarang untuk wisatawan memutar lewat jalur Madukara. Di sana jalannya juga sudah bagus untuk dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat," ujarnya. (mbr/mbr)