Kaleidoskop 2019

Anak Jokowi dan Amien Rais Maju Pilkada Bikin Panas Politik Solo-Sleman

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 22:59 WIB
Gibran Rakabuming ambil rapor Jan Ethes. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Yogyakarta - Politik di Solo dan Sleman memanas pada tahun 2019 setelah putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais menyatakan maju dalam Pilkada serentak 2020. Seperti apa sepak terjang keduanya?

Gibran Rakabuming Raka mulai dikaitkan dengan Pilkada Solo setelah namanya muncul di survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025 oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta pada 25 Juli 2019. Selain Gibran, nama anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep juga masuk di survei tersebut.

Setelah tampak berkomunikasi dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo atau Rudy, Gibran akhirnya mantap mendaftar sebagai kader PDIP. Dia resmi menjadi kader PDIP pada Senin (23/9).

Rencana Gibran maju pilkada lewat DPD PDIP Jateng menuai banyak sindiran terutama dari Rudy. Apalagi sejak Gibran menyatakan berniat maju DPD PDIP Jateng mulai membuka pendaftaran calon peserta pilkada.

Rudy pun melontarkan sindiran. Dia juga berkali-kali menegaskan DPC PDIP Solo telah mengusung pasangan Achmad Purnomo (Wakil Wali Kota Solo)-Teguh Prakosa (Sekretaris DPC PDIP Kota Solo).


Tak hanya Rudy, sekelompok orang yang menamakan diri Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu (PWSPP) menyatakan keberatan Gibran Rakabuming Raka maju di Pilkada Solo 2020. Salah satu yang jadi alasan mereka yaitu Gibran disebut Golput pada Pilkada 2015.

Pihak Gibran menanggapi penolakan itu dengan santai. Bahkan relawan menyebut, Gibran membutuhkan haters.

Meski begitu, langkah Gibran sudah mantap. Dia mendaftar ke DPD Jateng dengan diantar massa relawan pada Kamis (12/12). Di momen tersebut, Gibran dua kali berorasi dengan berapi-api menyatakan dirinya akan gas pol kerja keras.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4