Kaleidoskop 2019

Heboh di Bantul: Bu Guru Ditusuk Murid hingga Kerangka di Septic Tank

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Des 2019 16:42 WIB
Ayu Shelisa kerangka yang ditemukan di dalam septic tank semasa hidupnya (Foto: Dok Ayu Lelisa)
Yogyakarta - Sepanjang 2019 Kabupaten Bantul, Yogyakarta diramaikan dengan kasus kriminalitas mulai dari penusukan, mahasiswa tewas terperosok di sumur hingga temuan kerangka Ayu Shelisha dalam septic tank milik mertuanya, Waluyo. Kasus-kasus ini mencuri perhatian karena tersibak fakta-fakta mengejutkan karena melibatkan perasaan.

Berikut rangkumannya:
1. Penolakan Kadus Perempuan

Seorang dukuh terpilih di Bantul, Yuli Lestari (41) ditolak karena perempuan. Kisah ini berawal saat Yuli mendaftar lowongan Dukuh Pandeyan, Desa Bangunharjo, Kabupaten Bantul. Singkat cerita, mantan anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Bangunharjo ini berhasil mengumpulkan 150 KTP warga dari 100 KTP yang dibutuhkan sebagai syarat mencalonkan diri sebagai dukuh.


Yuli berhasil lolos semua tes dari psikologi, wawancara, pidato, dan teknlogi informasi dan menduduki peringkat satu. Namun, saat hasil tes diumumkan Yuli mendapat kabar penolakan warga. Penolakan tersebut tertera dalam secarik surat.

Berdasarkan surat tersebut, selain karena perempuan, Yuli juga ditolak karena beberapa alasan lain. Di antaranya:

1. Ada masyarakat yang minta tanda tangan kepada RT 1 (Suami Yuli Lestari), beliau tidak meresponnya dengan baik.

2. Ada undangan (informasi) PTSL yang ditujukan kepada warga RT 1 tidak disampaikan oleh bapak RT 1 (Suami Yuli Lestari) sehingga warga terkejut dan marah-marah.

3. Dalam kegiatan sosial ibu-ibu di Pandeyan terlalu judes dan tidak ramah.

4. Selaku anggota BPD Bangunharjo yang dipercaya untuk menyampaikan aspirasi warga malah tidak disampaikan dan ternyata mengundurkan diri sebagai anggota BPD.

Bupati Bantul Suharsono hingga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X pun angkat bicara.

"Ya itu kan biasa (ulah) oknum, itu kan sama dengan kejadian yang di Banguntapan maupun Kotagede. Ya motif-motif sama lah, kira-kira kan begitu," kata Sultan kepada wartawan di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, Senin (20/5).


Tonton juga Kerangka di Septic Tank Itu Ternyata Ayu Shelisa, Hilang pada 2009 :


Selanjutnya
Halaman
1 2 3