Kereta Anjlok, Jalur KA Cepu-Semarang Masih Lumpuh

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:56 WIB
Kereta anjlok di Blora (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Blora - Kereta barang pengangkut semen anjlok dari rel di kawasan Desa Doplang Kecamatan Jati, Blora siang ini. Akibatnya, dua dari tiga rel yang yang menghubungkan Cepu-Semarang tak bisa dilalui.

"Di sini ada tiga jalur rel, cuma satu aja ini yang masih aktif. Itu pun bergantian harus ngantre baik dari arah barat ataupun timur. Dua jalur lumpuh karena ketutup gerbong yang anjlok ini, juga muatannya," kata Kapolsek Jati AKP Bajuri kepada detikcom, Kamis (12/12/19).


Peristiwa anjloknya kereta pengangkut semen itu terjadi pukul 11.30 WIB. Proses evakuasi dimulai pukul 14.50 WIB. Hingga kini polisi masih melakukan pengamanan agar muatan semen yang tumpah tidak dijarah warga.

"Kami dari kepolisian saat ini hanya sebatas melakukan pengamanan saja. Soal penyelidikan penyebab, termasuk inventarisir kerugian semuanya dari pihak KAI. Ini evakuasi sedang berlangsung," terangnya.


Tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat peristiwa ini. Kereta yang membawa 20 gerbong bermuatan semen itu melaju dari Semarang menuju Stasiun Cepu. Ada 11 gerbong yang anjlok.

"Jadi ada 20 gerbong, kami memantaunya, gerbong sembilan masih aman, yang ke sepuluh sampai terakhir yang anjlok," jelasnya.

Anjloknya kereta pengangkut semen di jalur rel yang melintas Desa Doplang, Kecamatan Jati ini sempat membuat warga sempat panik. Sebab, suara dentuman ketika anjloknya kontainer cukup mengagetkan warga. (ams/sip)