Round-Up

KLB Keracunan Makanan di Pemalang, Ratusan Warga Jadi Korban

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 08:41 WIB
Ruang di Balai Desa Karangsari, Pemalang, diubah jadi posko medis korban keracunan makanan, Jumat (6/12/2019). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Ruang di Balai Desa Karangsari, Pemalang, diubah jadi posko medis korban keracunan makanan, Jumat (6/12/2019). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang - Ratusan warga di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, mengalami keracunan sejak Kamis (5/12) pagi. Sumber makanan penyebab dari keracunan sendiri belum diketahui secara pasti, namun sehari sebelumnya para warga menghadiri acara hajatan di tetangga.

"Belum ada kejelasannya sumber (keracunan) dari mana. Kalau dibilang dari acara hajatan, kok reaksinya terjadi sehari setelah itu," kata Kepala Desa Karangsari, Dasuki, kepada detikcom, Jumat (6/12/2019).

Gejala keracunan mulai dirasakan warga pada Kamis (5/12) sekitar pukul 07.00 WIB. Dimulai dari delapan warga bersamaan periksa kesehatan ke petugas bidan desa. Warga ini mengalami gejala yang sama, yakni pusing, mual, muntah, dan diare. Tidak selang lama, warga lainnya juga mengeluhkan hal yang sama.


Pihak desa langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Pulosari menyusul peristiwa tersebut. Jarak antara lokasi permukiman warga dengan puskesmas yang terbilang jauh membuat layanan kesehatan terpaksa jemput bola, dengan membuka posko medis di Balai Desa Karangsari.

Satu per satu warga dievakuasi perangkat desa dengan mobil operasional Pemdes ke posko medis. Ada juga yang langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat dan puskesmas rawat inap.

Simak Video "Ratusan Warga Pemalang Keracunan Usai Santap Makanan Hajatan"


Selanjutnya
Halaman
1 2