KLB Keracunan di Pemalang, Ruang Balai Desa Disulap Jadi Posko Medis

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 20:47 WIB
Ruangan di Balai Desa Karangsari, Pemalang, diubah menjadi posko medis korban keracunan makanan, Jumat (6/12/2019). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Ruangan di Balai Desa Karangsari, Pemalang, diubah menjadi posko medis korban keracunan makanan, Jumat (6/12/2019). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang - Ratusan warga di Kabupaten Pemalang keracunan usai menyantap sajian di acara hajatan warga di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari. Pemkab Pemalang telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan.

Keluhan diduga keracunan mulai muncul pada Kamis (5/12) pagi. Siang harinya, Pemdes Karangsari langsung mengubah ruangan yang semula untuk kerja perangkat desa menjadi ruang layanan kesehatan.

"Ya ruangan ini semula ruang aktivitas perangkat desa, kami ubah menjadi layanan kesehatan korban keracunan," kata Kepala Desa Karangsari, Dasuki, kepada detikcom, Jumat (6/12/2019).


Menurutnya, hal ini untuk mempermudah layanan kesehatan warga korban keracunan makanan. Sedangkan layanan administrasi desa tetap dilakukan, hanya sementara waktu dipindah ke aula balai desa.


KLB Keracunan di Pemalang, Ruang Balai Desa Disulap Jadi Posko MedisFoto: Robby Bernardi/detikcom

Pantauan di Balai Desa Karangsari pada Jumat (6/12) pagi hingga sore, ruangan perangkat desa tersebut diisi oleh petugas medis dari Puskesmas Pulosari, lengkap dengan obat-obatan dan infus. Disediakan pula sebuah ruangan yang berfungsi untuk memberikan pertolongan pertama medis bagi warga. Dua mobil ambulans juga disiagakan untuk mengantar warga yang dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas rawat inap.

"Semuanya darurat, yang terpenting warga mendapatkan penanganan pertolongan pertama dengan cepat, itu menjadi prioritasnya dulu," imbuh Dasuki.
Selanjutnya
Halaman
1 2