Peringati Hari Disabilitas, Ini Catatan Penyandang Difabel di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 11:47 WIB
Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) memperingati Hari Difabel Internasional, Minggu (1/12/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom
Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) memperingati Hari Difabel Internasional, Minggu (1/12/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Para difabel dari Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan konvoi keliling kota setempat. Mereka juga memantau fasilitas publik apakah sudah ramah bagi difabel atau belum.

Hari Disabilitas Internasional jatuh pada 3 Desember. FKDK melakukan rangkaian kegiatan yang disebut Rolling City. Di antaranya berupa keliling kota menggunakan kendaraan roda tiga maupun roda dua.

"Masih dalam rangkaian hari disabilitas pagi ini. Teman-teman FKDK mengadakan Rolling City yang di mana diikuti anggota FKDK," kata Ketua FKDK Rismawan Yulianto kepada wartawan di Balai Jagong, Kudus, Minggu (1/12/2019).


Menurutnya, para difabel keliling kota dengan sepeda motor roda tiga dan beberapa sepeda roda dua. Dari datanya, yang mendaftar 50 motor. Sedangkan total peserta 80 orang.

"Kami rutenya keliling Kudus dengan nanti sedikit imbauan untuk akses publik, terutama trotoar untuk lebih ramah difabel," ujarnya.

Sembari konvoi, mereka mengamati trotoar di jalan kota. Mengingat dari pengamatannya, belum semua trotoar ramah difabel.

"Kami coba lihat (trotoar) sambil keliling-keliling. Kira-kira mana trotoar mana, jalan mana yang belum aksesnya ramah difabel. Saya kira baru beberapa titik yang sudah ramah difabel, sekitar 10 persen trotoar yang sudah ramah difabel," beber dia.


Dia menuturkan, adanya trotoar yang tak ramah lingkungan karena kurang sadarnya pihak terkait yang membangunnya.

"Karena kurang sadarnya stakeholder di Kudus tentang pemenuhan akses teman-teman difabel itu. Salah satunya teman-teman difabel, itu trotoar," tutur dia.

"Saya rasa teman-teman tunanetra itu jalan di pinggir jalan kayaknya susah," tandasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2