detikNews
2019/11/22 22:09:32 WIB

Pilkades di 108 Desa di Brebes Batal Gunakan E-voting

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pilkades di 108 Desa di Brebes Batal Gunakan E-voting Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Pemilihan kepala desa serentak secara elektronik atau e-voting di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dibatalkan. Pemkab memutuskan pilkades digelar secara manual seperti biasa dilakukan yakni coblosan.

Rencananya, pilkades serentak secara elektronik ini akan dilaksanakan di 108 desa. Namun hingga mendekati pelaksanaan, Pemkab Brebes akhirnya membatalkannya. Salah satunya karena soal pengadaan perangkat komputer.

"Keputusan pembatalan Pilkades dengan cara e-voting tersebut diambil setelah digelar rapat bersama oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, bersama sejumlah pejabat terkait menyusul ketidaksiapan alat e-voting," ujar Plt Kabag Pemerintahan Desa Setda Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho, Jumat (23/11/2019) petang.

Laode menjelaskan, pembatalan tersebut dikarenakan beberapa faktor. Salah satu diantaranya terkait kesiapan alat Sistem Informasi Desa (SID) yang akan digunakan untuk e-voting Pilkades serentak tahap dua. Saat ini, alat tersebut belum siap sepenuhnya.

Untuk memastikan kesiapan peralatan SID yang tengah dalam proses pengadaan tersebut, pihaknya telah mengecek langsung ke perusahaan pembuat alat tersebut di Jakarta.Hasilnya, peralatan yang diperlukan ini belum siap sepenuhnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com