Kisah Mahfud MD Kejar Suara Drumband Misterius di Yogya, Tapi Ternyata...

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 20:37 WIB
Mangayubagya Ketua Parampara Praja DIY, Mahfud MD menjabat sebagai Menkopolhukam RI. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Mangayubagya Ketua Parampara Praja DIY, Mahfud MD menjabat sebagai Menkopolhukam RI. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Menkopolhukam Mahfud MD menilai Yogyakarta memberikan banyak pengalaman dan kenangan baginya. Bahkan, Mahfud pernah mengalami kejadian unik nan aneh di mana saat kuliah ia kerap mendengar bunyi drumband menjelang waktu salat shubuh.

"Yang aneh-aneh juga di Yogya banyak, nggak aneh, agak-agak mistis. Gini, saya tidak tahu apa semuanya sama dengan saya," kata Sultan, Minggu (17/11/2019).

Hal tersebut diungkapkan Mahfud saat memberi sambutan dalam acara Mangayubagya Ketua Parampara Praja DIY, Mahfud MD menjabat sebagai Menkopolhukam RI di ballroom Hotel Grand Ambarukmo, Jalan Laksda Adisucipto, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.


Pengalaman aneh itu, kata Mahfud terjadi saat ia berkuliah di Yogyakarta pada tahun 1978 sampai tahun 1983. Mahfud menjelaskan, saat itu ia kerap mendengar suara sekelompok orang memainkan drumband saat pagi buta.

"Saya itu termasuk orang yang terheran-heran, karena setiap menjelang subuh di hari-hari tertentu itu terdengar bunyi drumband, dug, durudug..dug..dug, tertib sekali," ucapnya.

Seringnya mendengar suara drumband itu membuat Mahfud penasaran. Karena itu, ketika ia sedang berlari-lari di pagi hari dan mendengar suara tersebut, ia sengaja mencari dari mana sumber suara tersebut berasal.

"Tapi sesudah saya kejar sampai ke timur tidak ada. Apakah itu benar atau halusinasi saya, tapi saya sampai lari-lari betul mengejar itu," kata Mahfud.

Ia pun sempat bertanya-tanya kepada orang-orang mengenai asal muasal bunyi drumband misterius tersebut. Namun, ketika ia mendatangi dari mana asal suara tersebut, ia tidak menemukannya.

"Ada yang bilang itu mahasiswa UPN di Babarsari latihan drumband, Menwa katanya. Oke, ketika sedang bunyi suatu saat saya lari ke timur nggak ada apa-apa di UPN. Oh itu di AU, di sana, di Maguwo, saya cari ke sana tidak ada apa-apa," katanya.

"Tapi ada orang tua bilang, Mas Mahfud orang yang mendengar bunyi drumband aneh di Yogyakarta itu pasti akan tinggal di Yogyakarta, orang itu bilang," imbuh Mahfud.

Selanjutnya, Mahfud bercerita bahwa cerita tersebut pernah dimuat oleh detikcom. Di mana pada artikel tersebut menceritakan tanggapan orang-orang dari luar Yogyakarta yang pernah mendengar suara drumband saat pagi buta.


"Lalu cerita ini pernah dimuat detikcom, itu orang-orang di luar Yogya bercerita juga, bahwa dia pernah mendengar itu, dan pernah kemudian tinggal di Yogya, tapi pindah sesudah bekerja," cerita Mahfud.

Bahkan Mahfud mendengar bahwa suara itu berasal dari arwah tentara-tentara Mataram yang sangat hebat pada waktu itu.

"Tapi kalau dianalisa secara ilmiah tidak ada metodologinya, tapi itu pengalaman yang unik bagi saya," katanya.

"Kalau sekarang sudah tidak ada, tidak pernah saya mendengar lagi, katanya karena sekarang sudah banyak listrik dan sebagainya itu. Apa kegaiban-kegaiban itu pergi karena sinar-sinarnya (lampu yang dialiri listrik)," ucap Mahfud disambut gelak tawa tamu yang hadir. (sip/sip)