detikNews
2019/11/14 17:04:32 WIB

Ratusan Juta Hasil Kredit Fiktif Bank BUMN di Kendal Disetor ke WIL

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ratusan Juta Hasil Kredit Fiktif Bank BUMN di Kendal Disetor ke WIL YY, tersangka kasus kredit fiktif di Kendal. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Tersangka kasus kredit fiktif di salah satu bank BUMN di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ditahan. Uang hasil kredit fiktif itu ternyata digunakan untuk membeli mobil, bahkan untuk wanita idaman lain (WIL).

Ada dua tersangka dalam kasus ini, yaitu tenaga marketing dan analisis mikro (mantri) di bank tersebut dengan nama Yuna Yanwar. Kemudian tersangka lainnya dari pihak swasta yang membantu Yuna atas nama S alias Jefri.

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Jateng Ketut Sumedana mengatakan hari ini keduanya dipanggil, tapi hanya Yuna yang hadir. Penyidik meminta dilakukan penahanan dan akan dilakukan selama 20 hari ke depan di Lapas Kedungpane, Semarang.

"Penyidik meminta dilakukan penahanan terhadap YY selama 20 hari ke depan," kata Ketut di kantornya, Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (14/11/2019).


"J kalau tidak datang akan kami layangkan panggilan lagi untuk Senin. Kalau tidak ada, kami panggil paksa," imbuhnya.

Ketut menjelaskan, dalam kasus kredit fiktif tersebut, total kerugian adalah Rp 1,9 miliar dan sudah dikembalikan oleh tersangka Rp 200 juta. Uang hasil kejahatan digunakan untuk kepentingan pribadi, termasuk untuk WIL.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com