Cakades di Pekalongan Ramai Bagi Door Prize, dari Mobil hingga Umrah

Cakades di Pekalongan Ramai Bagi Door Prize, dari Mobil hingga Umrah

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 17:15 WIB
Cakades Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, menyiapkan door prize dalam Pilkades serentak 2019, Rabu (13/11/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Cakades Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, menyiapkan door prize dalam Pilkades serentak 2019, Rabu (13/11/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Banyak cara dilakukan para calon kepala desa (cakades) untuk meraih simpati warganya dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pekalongan yang berlangsung Rabu (13/11/2019) ini.

Seperti di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan. Tiga cakades yang bertarung dalam Pilkades Rembun jor-joran menyiapkan door prize atau hadiah bagi warganya. Tak tanggung-tanggung, para cakades menyiapkan hadiah mulai dari sepeda motor, mobil hingga tiket umrah.

Cakades nomor satu yakni Kaena, mengeluarkan door prize 9 unit sepeda motor baru. Calon nomor dua yakni Subeki dengan door prize 4 unit motor, sedangkan calon nomor tiga yakni Nur Hayyi, menyediakan door prize berupa 5 sepeda motor, sebuah mobil dan 3 tiket umrah.

"Kalau di sini bagi uang sedikit, tapi door prize-nya yang banyak. Ya hitung-hitungannya dengan door prize ini justru lebih hemat," kata warga setempat, Mustofa (45), kepada detikcom, Rabu (13/11/2019).

Menurut Mustofa, tiga cakades tersebut berupaya meraih simpati 4.500 warga yang masuk daftar pemilih.


Cakades di Pekalongan Ramai Bagi Door Prize, dari Mobil hingga UmrahCakades Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, menyiapkan door prize dalam Pilkades serentak 2019, Rabu (13/11/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Salah satu cakades yang ditemui detikcom, Nur Hayyi, menyebutkan bahwa hadiah yang disiapkan berasal dari biaya sendiri. Door prize tersebut akan dibagikan dengan cara diundi. Namun bila tidak terpilih menjadi kades, door prize tidak jadi dibagikan ke warga.

"Setiap warga akan mendapatkan kupon dan mengundi kuponnya nanti setelah kita benar-benar dinyatakan menang," katanya.

"Jadi yang akan dibagi-bagikan melalui undian hanya kades yang terpilih. Motornya yang baru ya kembalikan ke dealer lagi (kalau kalah)," imbuhnya.


Cakades di Pekalongan Ramai Bagi Door Prize, dari Mobil hingga UmrahSuasana di salah satu TPS dalam Pilkades 2019, di Desa Rembun, Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom

Di Kabupaten Pekalongan tercatat ada 206 desa yang menggelar Pilkades serentak pada Rabu (13/11/2019) ini. Dari 206 desa tersebut, 194 desa masuk dalam wilayah hukum Polres Pekalongan dan 12 desa masuk wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Dari 194 desa di wilayah hukum Polres Pekalongan, terdapat 582 cakades. Sebanyak 139 cakades di antaranya incumbent, 28 calon kades dari perangkat desa, 4 purnawirawan TNI/Polri, 1 anggota TNI dan 1 anggota Bhayangkari.


Simak juga video "Pengin Cepat Bercerai, Ratu Meta Pergi Umrah Minta Petunjuk" :

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)