detikNews
2019/11/08 09:30:04 WIB

Sardjito, Pembuat Biskuit Tentara Republik yang Kini Pahlawan Nasional

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sardjito, Pembuat Biskuit Tentara Republik yang Kini Pahlawan Nasional Lukisan foto Prof Sardjito. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Rektor pertama Universitas Gadjah Mada (UGM) 1950-1961 dan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) 1964-1970, Prof M Sardjito, dianugerahi gelar pahlawan nasional. Apa saja jasa Sardjito untuk Bangsa Indonesia?

Rektor UGM Yogyakarta, Prof Panut Mulyono, menjelaskan jasa Sardjito terutama di masa awal perjuangan Republik begitu besar. Bahkan Sardjito disebut-sebut pernah terjun langsung ke medan perang membantu di bidang kesehatan.

"(Sardjito) pernah ikut perang juga ya. Artinya membantu tentara-tentara (Republik Indonesia) yang berperang, dan yang sangat terkenal itu kan biskuit Sardjito," jelas Panut kepada detikcom, Jumat (8/11/2019).


Biskuit Sardjito merupakan makanan khusus yang diramu Sardjito untuk bakal tentara Republik yang berada di medan perang. Keberadaan biskuit ini sangat membantu, apalagi kala itu persediaan logistik serba terbatas.

"Karena biskuit Sardjito itu mempunyai formula yang khusus, sehingga bisa menahan lapar atau energinya cukup besar untuk di lapangan. Memang banyak jasa beliau," tutur eks Dekan Fakultas Teknik UGM itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com