Modus Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Via Tol Laut Diungkap

Modus Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Via Tol Laut Diungkap

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 12:06 WIB
Ratusan ribu batang rokok ilegal diselundupkan melalu jalur Tol Laut. (Foto: dok. Bea-Cukai Jateng-DIY)
Ratusan ribu batang rokok ilegal diselundupkan melalu jalur Tol Laut. (Foto: dok. Bea-Cukai Jateng-DIY)
Semarang - Modus penyelundupan atau peredaran rokok ilegal ternyata makin beragam. Tidak hanya lewat jalur darat, bahkan awal bulan ini terungkap rokok ilegal yang akan dibawa menggunakan kapal 'Tol Laut'.

Pengungkapan terjadi pada awal bulan ini, 1 November 2019, di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Saat itu ada informasi mendadak diterima yang menyebutkan bahwa ada rokok ilegal dalam Tol Laut tujuan Sumatera. Petugas Bea-Cukai Kanwil Jateng DIY langsung bergerak bahkan beberapa masih berpakaian olahraga karena informasi diterima pada pagi hari.

Kemudian bersama KPPBC Tanjung Emas dan KPPBC Semarang serta di-backup Pomdam IV Diponegoro, petugas menemukan truk pengangkut mebel yang hendak naik Tol Laut yang ternyata disisipi rokok ilegal pada pukul 08.10 WIB.

"Jumat pagi, 1 November 2019, kami sergap satu kendaraan truk di area parkir Pelabuhan Tanjung Emas, Jalan Coaster Tanjung Emas, Kota Semarang," kata Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea-Cukai Jateng DIY Gatot Sugeng Wibowo, Kamis (7/11/2019).


Dari penggeledahan tersebut ditemukan rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dengan menggunakan merek S3, Super BROwsing Mild, dan Bravo. Rokok-rokok tersebut pada bungkusnya dilekati dengan "Jempel" atau kertas yang difungsikan seolah-olah sebagai pita cukai atau bisa pita cukai palsu. Barang ilegal itu diselipkan di antara mebel yang dibawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2