detikNews
Rabu 06 November 2019, 14:25 WIB

Nyoblos Pilkades di Rembang, Dapat Door Prize Total Rp 50 Juta

Arif Syaefudin - detikNews
Nyoblos Pilkades di Rembang, Dapat Door Prize Total Rp 50 Juta Calon kades di Rembang iuran bagi-bagi door prize senilai Rp 50 juta. (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Pilkades serentak berlangsung di 237 desa di Rembang, Jawa Tengah, hari ini. Di salah satu desa, yakni di Desa Sendangmulyo, pilkades berlangsung dengan door prize yang melimpah senilai Rp 50 juta.

Warga yang hendak menyalurkan hak pilih mendapatkan selembar kupon undian door prize. Kupon itu nantinya diundi seusai pencoblosan.

Salah seorang panitia yang mengurus door prize, Badruzzaman, mengatakan sistem pengundian hadiah dibagi berdasarkan zona atau wilayah pedukuhan di desa tersebut. Yakni Dukuh Kesambi, Krajan, dan Peren.

"Pengundian itu dikocok oleh panitia. Kupon dibagikan kepada masyarakat itu sebelum pencoblosan dan untuk pengundiannya itu seusai penghitungan suara," katanya kepada wartawan di TPS balai desa setempat, Rabu (6/11/2019).


Pengadaan door prize ini, kata Badruzzaman, merupakan kesepakatan antara panitia, dua orang calon kepala desa yang maju, serta beberapa pihak lainnya. Hal itu untuk meningkatkan minat menyalurkan hak pilih dalam pilkades sehingga menekan angka golput.

"Mesin cuci enam unit, televisi enam unit, sepeda gunung enam unit, sepeda keranjang enam unit, kompor gas 15 unit, kipas angin 15 unit," rinci Badruzzaman.

Salah seorang calon kepala desa, Muhammad Rofii, menyebut dana pengadaan door prize ini berasal dari iuran cakades.


"Tujuannya menarik animo masyarakat untuk mencoblos di pilkades. Sebab, di Sendangmulyo ini tak ada money politics. Inisiatif kita (kedua calon) yakni nantinya hadiah door prize ini merupakan betul-betul hadiah bagi masyarakat yang beruntung mendapatkannya sesuai nomor kuponnya. Hadiah ini jika ditotal ada sekitar Rp50 juta," terangnya.

Di Desa Sendangmulyo Kecamatan Sarang, terdapat dua orang calon yang maju, yakni Ahmad Sodikin dan Muhamad Rofi'i. Total terdapat 3.000 lebih pemegang hak pilih yang ada di desa tersebut.
(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com