Nadiem Jadi Mendikbud, Rektor Unsoed: Bawa Kejutan dan Angin Segar

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 16:20 WIB
Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Suwarto, Kamis (24/10/2019). Foto: Istimewa
Banyumas - Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Suwarto, mengatakan terpilihnya Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) membawa kejutan sekaligus sebagai angin segar bagi dunia pendidikan di Indonesia. Berikut penjelasannya.

"Terpilihnya pendiri Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membawa dua kejutan besar. Pertama, latar belakang dia yang tidak berasal dari dunia pendidikan seperti menteri-menteri sebelumnya. Kedua, dihapusnya nomenklatur pendidikan tinggi dari Kabinet Indonesia Maju," kata Suwarto dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (24/10/2019).


Suwarto menilai terpilihnya Nadiem sebagai Mendikbud juga memunculkan optimisme bahwa Nadiem akan membawa angin segar yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan Indonesia. Yakni perguruan tinggi didorong untuk bisa menghasilkan inovasi.

Dia menjelaskan jika saat di bawah kepemimpinan Menristekdikti Mohamad Nasir, pendidikan tinggi Indonesia dipacu untuk meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di peringkat dunia. Bahkan universitas negeri ditargetkan untuk masuk dalam pemeringkatan Global QS World University Rankings dan Times Higher Education (THE) World University Rankings.

Kemenristekdikti, lanjutnya, saat itu juga mendorong perguruan tinggi untuk lebih gencar menghasilkan publikasi ilmiah dengan memberikan berbagai fasilitas dan insentif.


Hasilnya cukup signifikan, kata Suwarto, pada tahun 2018 tercatat 28.000 publikasi ilmiah dihasilkan oleh akademisi Indonesia. Angka ini dipastikan terus meningkat dan pada tahun 2020 Indonesia akan menggeser posisi Malaysia sebagai penghasil publikasi ilmiah terbanyak di kawasan ASEAN.

"Kemajuan suatu bangsa, 40 persen ditentukan oleh inovasi-inovasi yang dihasilkan. Namun, inovasi yang dihasilkan kita masih rendah," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2