detikNews
2019/10/21 14:49:53 WIB

Ini Penyebab Angin Kencang yang Menerjang Kawasan Gunung Merapi

Usman Hadi - detikNews
Halaman 2 dari 2
Ini Penyebab Angin Kencang yang Menerjang Kawasan Gunung Merapi Rumah warga rusak setelah angin kencang melanda lereng Gunung Merapi, Boyolali, Senin (21/10/2019). Foto: Istimewa


Sementara hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang kemarin lebih dikarenakan anomali aliran angin lembah yang membawa udara dingin dan lembap, sehingga terjadi kondensasi dan terbentuk awan cumulonimbus di lereng.

"Angin lembah biasanya terjadi siang hari saat bagian dengan dataran yang lebih luas dan lebih rendah telah mendapat pemanasan matahari yang cukup. Di areal pegunungan di mana secara umum puncak gunung suhu udara permukaan biasanya lebih dingin dibandingkan daerah di lereng, maka sirkulasi udara lokal cenderung bergerak turun," katanya.


"Tetapi pada saat kondisi di tempat lebih panas di bagian atas, maka sirkulasi lokal itu dapat berbalik sehingga menyebabkan angin lembah menjadi lebih kuat dari biasanya. Pada topografi tertentu, oleh pengaruh bentuk lereng dan permukaan pegunungan, angin lembah itu dapat membentuk pusaran-pusaran angin pada area dan skala yang lebih kecil seperti yang terjadi di Kecamatan Selo," tutupnya.


(ush/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com