Sendang Beji, Sumber Air yang Tak Pernah Kering saat Kemarau

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 19:28 WIB
Sumber air di Sendang Beji yang tidak pernah kering meski musim kemarau, Kamis (17/10/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom


Terkait penyebab sendang tersebut tidak pernah kering saat musim kemarau, Wagiyah mengaku tidak tahu secara pasti. Namun, dari informasi yang ia peroleh, sendang tersebut sudah ada sejak lama dan airnya tidak pernah kering hingga saat ini.

"Pohon besar itu namanya pohon Klumpit, konon kalau ada pohon itu di dekatnya pasti ada sumber air, jadi kalau kisahnya saya tidak tahu pasti," ujarnya.

"Yang jelas setahun sekali, saat bersih dusun warga pasti menguras sumber air itu, maksudnya menguras itu membersihkan kotoran di sumber air, itu saja," imbuh Wagiyah.


Terlepas dari tradisi tersebut, Wagiyah mengaku bersyukur dengan keberadaan Sendang Beji. Menurutnya, keberadaan sendang tersebut membuat warga tidak terlalu khawatir kekurangan pasokan air bersih saat musim kemarau.

"Karena airnya yang tidak pernah kering jelas sangat membantu warga ya Mas, jadinya kalau pas musim kemarau seperti ini warga biasa-biasa saja," ujarnya.
Halaman

(rih/rih)