detikNews
2019/10/17 18:15:51 WIB

Virus Flu Burung di Tegal, Petugas Ambil Sampel Darah Unggas

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 1
Virus Flu Burung di Tegal, Petugas Ambil Sampel Darah Unggas Petugas memberi vaksin dan mengambil sampel darah pada unggas di Kota Tegal. Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Belasan unggas mati akibat positif flu burung di Kota Tegal, Jawa Tengah. Tim dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta memberikan vaksin terhadap unggas di sekitar kawasan yang yang terserang flu burung.

"Kami melakukan pengambilan sampel darah terhadap unggas yang tersisa yang ada di lingkungan ini. Sampel fases, darah sampel peralatan di lingkungan dan sampel bulu unggas kami bawa untuk diperiksa di lab kami," ujar salah seorang anggita tim, drh Nurokhmi Farhani kepada wartawan Kamis (17/10/2019).

Selain Nurokhmi, ada dua orang lainnya dalam tim ini yakni Moh Afdal Darul dan Setyo Nugroho.

Awalnya mereka menginvestigasi lokasi dimana banyak unggas yang terkena flu burung yakni di Jalan Kota Baru, wilayah RT 05 dan RT 06 RW 01 Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan.


Mereka kemudian juga memberi vaksin dan mengambil sampel darah terhadap unggas yang masih hidup di tempat milik Kasan warga RT 05 RW 01 Kelurahan Keturen, Tegal Selatan, Kota Tegal.

Petugas Lab Ditjen PKH Balai Besar Veteriner, Mohamad Afdal Darul menambahkan pemeriksaan sampel ini untuk mengetahui jenis virus yang menyerang unggas di Kota Tegal. Hasil pemeriksaan sampel bisa diketahui pada tujuh hari setelah pemeriksaan.

"Investigasi kami dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta untuk memastikan jenis virus yang menjangkit setelah mendapat laporan dari Dislatan Kota Tegal," tandasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com