detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 17:33 WIB

Kenang Mbah Moen, Hari Santri Nasional Jateng Dipusatkan di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Kenang Mbah Moen, Hari Santri Nasional Jateng Dipusatkan di Rembang Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, dalam pengajian dan tahlil peringatan 40 hari wafatnya KH Maimoen Zubair di Ponpes Al Anwar Sarang, Rembang, Sabtu (14 /9/2019). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 akan dipusatkan di Kabupaten Rembang. Pemprov ingin mengajak para santri dan masyarakat untuk mengenang sosok almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen, pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang.

Staf Biro Kesra Pemprov Jawa Tengah Chumaidah mengatakan peringatan HSN akan dimulai tanggal 20 Oktober sampai puncaknya pada 22 Oktober 2019. Rangkaian acara ditandai dengan pembukaan pameran produk santri di pendopo Museum RA Kartini Rembang.

"Benar memang nantinya peringatan hari santri tingkat Jawa Tengah tahun ini akan dipusatkan di Kabupaten Rembang," kata Chumaidah kepada detikcom, Senin (14/10/2019).


Chumaidah menerangkan Rembang merupakan tempat Mbah Moen tinggal dan mengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar. Peringatan HSN, disebutnya sebagai momen untuk mengenang jasa-jasa Mbah Moen baik dalam hal keagamaan maupun kenegaraan.

"Kita tahu sendiri Mbah Moen adalah sosok kiai sekelas nasional bahkan internasional ya. Sehingga pada rapat gubernuran kemarin dipastikan di Rembang sekaligus mengenang sosok beliau," jelasnya.

Selain itu, penduduk Rembang yang mayoritas kaum santri disebut menjadi poin pokok penyelenggaraan HSN Jawa Tengah ini. Rencananya peringatan HSN besok akan digelar di beberapa titik di Rembang.


"Di Rembang banyak pondok pesantren dan tersebar di banyak tempat di Rembang. Bahkan basis masyarakat sendiri sudah seperti santri, sehingga dirasa tepat digelar di Rembang," terangnya.

"Hari pertama rencananya di pendopo Museum RA Kartini Rembang. Kemudian juga ada acara di tempat lain, termasuk di lapangan Gandrirojo itu selawatan, dan Alun-alun kota juga," sambungnya.


Simak juga video "News of The Week: Mbah Moen Wafat, Listrik Padam Massal" :

[Gambas:Video 20detik]


(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com