detikNews
2019/09/27 16:26:39 WIB

Berharap Hujan Turun, Warga Banjarnegara Gelar Pesta Tenongan

Uje Hartono - detikNews
Halaman 1 dari 2
Berharap Hujan Turun, Warga Banjarnegara Gelar Pesta Tenongan Warga Banjarnegara menggelar Pesta Tenongan untuk memohon hujan. Foto: Uje Hatono/detikcom
Banjarnegara - Warga Dusun Kemokon, Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara menggelar Pesta Tenongan hari ini. Tradisi Suran yang dilakukan di pada Jumat Kliwon bulan Sura ini untuk memohon keselamatan serta segera turun hujan.

Di bawah terik matahari, warga membawa tenong yang berisi nasi, srundeng, jengkol, serta daging kambing ke tiap pertigaan atau perempatan. Pesta ini digelar di delapan titik, baik pertigaan maupun perempatan di dusun tersebut.


"Ada 500 tenong yang dibawa warga di delapan titik pertigaan atau perempatan," kata tokoh masyarakat Desa Jalatunda, Satam, usai pesta tenongan, Jumat (27/9/2019).

Warga Banjarnegara menggelar Pesta Tenongan untuk mengharap hujan turun.Warga Banjarnegara menggelar Pesta Tenongan untuk mengharap hujan turun. Foto: Uje Hartono/detikcom

Uniknya, semua makanan ini dimasak oleh para laki-laki di pagi hari. Termasuk memasak kambing sebagai lauknya. Dalam Pesta Tenong tahun ini, sedikitnya ada 15 ekor kambing yang disembelih untuk disantap bersama di tepi jalan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com