detikNews
Rabu 11 September 2019, 17:56 WIB

Warung di Selter Kuliner Pucangsawit Solo Terbakar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Warung di Selter Kuliner Pucangsawit Solo Terbakar Warga membersihkan selter kuliner Pucangsawit setelah terbakar. -- Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Kebakaran terjadi di selter kuliner Pucangsawit, Jebres, Solo. Sedikitnya lima warung kuliner terdampak kebakaran tersebut.

Api diduga mulai muncul dari pekarangan di belakang selter kuliner sekitar pukul 13.00 WIB tadi. Kemudian pukul 14.00 WIB api sudah membesar dan mengenai bagian belakang selter kuliner.

Terlihat bagian belakang selter tersebut menggunakan bahan MMT. Selain itu, daun-daun kering di atap selter juga membuat api mudah membesar.

"Tadi ada dua warung yang buka. Tadi untungnya pembelinya pas sudah pulang, enggak ada korban," kata salah satu pedagang yang jadi korban, Winarti, Rabu (11/9/2019).


Kerugian yang dialami antara lain perabotan memasak, bahan makanan dan sebagian gerobak. Winarti mengaku merugi sekitar Rp 5 juta atas kebakaran itu.

"Kaca gerobaknya pecah kepanasan. Bagian belakang selter ini ludes, ada perabotan memasak, habis semua," ujarnya.

Warung di Selter Kuliner Pucangsawit Solo TerbakarFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Surakarta, Gatot Sutanto, mengatakan ada tujuh mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan. Pemadaman dapat diselesaikan dalam waktu 15 menit.

"Api berasal dari orang bakar sampah di pekarangan kosong itu. Menurut warga, orang tersebut memang kurang sehat akalnya," kata Gatot.


Ditemui di lokasi kejadian, Kepala Bidang Pedagang Kaki Lima (PKL) Dinas Perdagangan Surakarta, Didik Anggono, mengatakan pedagang diminta tutup untuk sementara waktu.

"Listrik kami matikan dulu, ada kabel-kabel yang terkelupas. Ini lokasi kami bersihkan dulu. Semoga besok sudah bisa dibuka kembali," tutupnya.
(bai/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com