detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 17:17 WIB

Seekor Sapi Mati Mendadak di Daerah Endemik Antraks Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Seekor Sapi Mati Mendadak di Daerah Endemik Antraks Gunungkidul Petugas saat mengubur sapi mati mendadak di Pedukuhan Kulwo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Foto: Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul.
Gunungkidul - Seekor sapi milik Sunaryo warga Pedukuhan Kulwo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul mati mendadak di wilayah endemik antraks. Saat ini sapi tersebut telah dikubur dan petugas sedang mengambil sampel dari sapi untuk dites.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan bahwa kejadian berawal saat Sunaryo hendak memberi makan sapi di kandang tadi pagi. Namun, sesampainya di kandang ternyata sapi berjenis kelamin betina miliknya tergeletak dan tak bergerak sedikitpun.

"Karena tidak bergerak, pemilik sapi sempat menepuk-nepuk tubuh sapi. Namun tetap tidak respons. Setelah dicek lebih lanjut ternyata sapi itu sudah mati," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (27/8/2019).


Mendapati hal tersebut, Sunaryo langsung melaporkan kejadian itu ke Puskeswan terdekat. Selanjutnya, petugas medis bersama petugas lapangan DPP Gunungkidul mendatangi lokasi untuk melakukan tindak lanjut.

"Tadi petugas juga sudah ambil sampel darah, sampel tanah di kandang, dan pakan yang diberikan oleh pemilik sapi. Pengambilan sampel itu untuk memastikan penyebab kematian sapi tersebut," ujar Bambang.

"Dan untuk sapi yang mati mendadak tadi juga sudah dikubur," imbuhnya.


Bambang belum bisa memastikan penyebab kematian sapi tersebut. Hal itu baru bisa dipastikan setelah pengujian sampel oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates, Kabupaten Kulon Progo rampung.

"Wah kalau itu (apakah sapi mati karena bakteri antraks) saya belum bisa bilang, karena hasil uji lab (laboratorium) baru keluar beberapa hari ke depan," katanya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com