Peserta Upacara HUT RI di Purworejo Kesurupan

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 17 Agu 2019 13:24 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Ratusan seniman di Purworejo, Jawa Tengah menggelar upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 74 di dasar Sungai Bogowonto. Saat prosesi penutupan, tiba-tiba salah satu peserta upacara mengalami kesurupan.

Upacara yang diikuti para seniman, budayawan dan komunitas lain yang tergabung dalam Dewan Kesenian Purworejo (DKP). Upacara itu digelar dasar Sungai Bogowonto, Dusun Kedungrong, Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Sabtu (17/8/2019).

Untuk menangani masalah di luar dugaan itu, peserta lain termasuk dua orang pawang pun ikut membantu menyembuhkan korban kesurupan. Sekitar 2 jam kemudian, sang pawang Tut Wuri Trisilowati (47) dan Ndari ciptadi (46) baru bisa menangani kesurupan tersebut.

"Tempatnya memang sini angker. Iya ini ada yang kesurupan, kami sudah berusaha untuk menyembuhkan. Cukup lama baru bisa kembali, ada sekitar dua jam," kata Wuri saat ditemui detikcom di tepian sungai Bogowonto, Sabtu (17/8/2019).

Menurut sang pawang, korban kesurupan yakni Muhammad Agil Saputra (18) dirasuki oleh leluhurnya yang ikut datang dalam gelaran itu. Sebelumnya telah dilakukan ritual di tempat itu agar semua berjalan dengan lancar, namun di ujung acara tetap ada kejadian yang tidak diinginkan.

"Percumah saja kalau di sini dimintai izin tapi yang lain tidak ditembungi juga. Jadi ini yang merasuki korban adalah simbahnya," lanjut Wuri.

Ndari menambahkan, berbagai cara pun dilakukan untuk menyembuhkan korban kesurupan agar kembali pulih. Meski sempat mengalami kesulitan, akhirnya korban bisa disembuhkan setelah diberi dua butir kelapa muda.

"Yang merasuki akhirnya bilang bahwa dia minta kelapa muda dua butir, untung tadi ada yang bisa manjat pohon kelapa. Akhirnya setelah dikasih kelapa muda, yang merasuki terus mau keluar dan pergi," tambah Ndari.

Meski sempat diwarnai kesurupan, namun secara umum upacara yang digelar di sungai terbesar di Purworejo itu berjalan dengan lancar. Sungai Bogowonto sendiri dipilih sebagai tempat upacara karena memiliki kaitan erat dengan usaha para pejuang dalam meraih kemerdakaan Indonesia.


Simak Juga "Jokowi jadi Inspektur Upacara, OSO Baca Teks Proklamasi"

[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)