ADVERTISEMENT
detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:15 WIB

Mengenal Dosen UGM yang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Usman Hadi - detikNews
Mengenal Dosen UGM yang Ditemukan Tewas Gantung Diri Rumah lokasi dosen UGM ditemukan tewas gantung diri di Kota Yogya. -- Foto: dok. Polsek Mergangsan
Yogyakarta - Peristiwa dosen UGM berinisial BS (55) yang ditemukan tewas gantung diri di kediamannya di Yogyakarta menyisakan duka mendalam bagi para kolega. Mereka tak menyangka BS yang dikenal genius di bidang telekomunikasi memilih mengakhiri hidup dengan cara tragis.

"Di kalangan mahasiswa ia (BS) dikenal sebagai ahli ilmu dasar, seperti kalkulus, medan listrik magnet dan pengolahan isyarat," kata teman seangkatan almarhum BS, Lukito Edi Nugroho dalam keterangan yang dirilis Humas UGM, Jumat (16/8/2019).
Lukita menjelaskan selama ini almarhum BS selalu bisa menjelaskan berbagai hal yang rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah. Seperti teori fungsi variabel kompleks yang dikenal sulit bisa dijabarkan almarhum dengan mudah.

"Cara menjelaskannya membuat sesuatu yang rumit terlihat lebih sederhana," ungkapnya.

Teman almarhum lainnya, Eka Firmansyah menerangkan sebelum mengakhiri hidup, sosok BS memang sempat mengalami gangguan syaraf dan keseimbangan hormonal. Diduga hal itulah yang membuat kondisi emosional BS tak stabil.

"Beliau (almarhum BS) dalam pengobatan dokter dan tengah cuti untuk berobat selama tiga bulan," jelas Kepala Unit Pengembangan SDM Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM tersebut.
Sementara Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam menyebut meninggalnya BS sebagai sebuah kehilangan buat seluruh sivitas akademika kampus. Bagi Nizam, almarhum BS adalah sosok yang cerdas, sederhana dan bersahaja.

"Banyak karya akademisnya di jurnal dalam negeri maupun internasional. Tahun lalu beliau selesai S3 dengan hasil cumlaude. Kami semua kehilangan rekan kerja yang sangat baik," pungkas salah satu Guru Besar UGM ini.



Tonton juga video Sempat Hilang, Mahasiswa KKN UGM Ditemukan Tewas di Sungai:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed