Pemkab Sragen Imbau Pembagian Daging Kurban Tak Pakai Plastik

Andika Tarmy - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 14:18 WIB
Foto: Andika Tarmy/detikcom
Sragen - Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban. Imbauan tersebut dituangkan dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Tatag Prabawanto pada 25 Juli 2019.

"Ini salah satu upaya pemkab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Bisa dibayangkan saat pelaksanaan kurban, berapa sampah plastik yang dihasilkan jika seluruh masyarakat menggunakan kantong plastik," terang Tatag saat ditemui detikcom di gedung DPRD Sragen, Rabu (7/8/2019).

Dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, Tatag berharap masyarakat, khususnya panitia kurban, memilih menggunakan bungkus yang ramah lingkungan. Wadah dari anyaman bambu atau besek serta bungkus dari dedaunan seperti daun jati ataupun pisang lebih ramah lingkungan.
Pemkab Sragen Imbau Pembagian Daging Kurban Tak Pakai PlastikFoto: Andika Tarmy/detikcom

"Jika warga mau menggunakan besek, tentu saja turut membantu mendorong majunya usaha-usaha kecil pembuat besek di daerah. Jadi tidak hanya ramah lingkungan, langkah ini juga turut membantu perekonomian rakyat," terang Tatag.



Ia mengatakan Pemkab Sragen sendiri baru pertama kali mengeluarkan surat edaran tersebut saat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Meski sifatnya hanya imbauan, ia berharap bisa mengetuk hati masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan.

Menurutnya, pemkab sudah memulai berkampanye melawan sampah plastik dengan mengurangi penggunaan botol-botol bekas air mineral saat rapat dan menggantinya dengan gelas.

"Butuh ratusan tahun bagi bumi untuk bisa mengurai sampah plastik. Ironisnya, Indonesia termasuk salah satu penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi?" tanya Tatag.


Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Sragen Nugroho Eko Prabowo menjelaskan surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut anjuran Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengurangi sampah plastik.

"Penggunaan plastik kita cukup tinggi hingga negara kita menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar. Masyarakat kami imbau menggunakan besek ataupun daun yang lebih mudah terurai sehingga ramah lingkungan," terang Nugroho.


Anies Imbau Pembagian Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik:

[Gambas:Video 20detik]



(bgk/bgs)